Rabu, 04 Desember 2013

essai


Karawitan, bukan musik ketinggalan zaman
            Karawitan merupakan musik tradisional Jawa. Keberadaannya mulai hilang seiring dengan  kemajuan zaman. Anak muda zaman sekarang lebih mengenal musik modern, seperti musik pop, alternatif ataupun musik hip hop. Musik-musik modern sendiri hampir semuanya berasal dari luar negeri. Dan ini, semakin membuat generasi muda tidak mengenal adanya musik asli Indonesia.
            Meskipun, sudah mulai menghilang tapi beruntung masih ada sebagian kecil generasi muda yang tertarik mempelajari musik karawitan. Sebagai contoh, di Unnes telah didirikan sebuah komunitas yang khusus mempelajari musik karawitan dan kebudayaan jawa lainnya. Komunitas tersebut bertujuan agar mahasiswa khususnya jurusan bahasa jawa dapat memperkenalkan berbagai macam kesenian jawa kepada dunia.
            Saya sebagai salah satu anggota komunitas tersebut awalnya merasa kesulitan pada saat mempelajari musik karawitan. Karena banyaknya alat musik yang perlu dipelajari dalam musik karawitan itu. Tapi, setelah saya mengetahui bahwa banyak turis asing yang justru mahir memainkan alat musik karawitan, saya jadi merasa malu dan berusaha untuk membuktikan bahwa generasi muda sekarang tidak semua melupakan budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan.
            Namun, tidak dapat dipungkiri untuk membuat generasi muda mencintai musik karawitan tentu  akan sulit. Bisa jadi apabila kita menambahkan unsur modern dalam musik karawitan dapat menarik kecintaan mereka pada musik tradisional jawa. Tidak ada salahnya membuat musik karawitan menjadi lebih modern, tanpa mengubah unsur asli dalam karawitan itu sendiri. Dimungkinkan itu akan membuat karawitan menjadi enak didengar.
Kita juga bisa melihat acara TV seperti ajang pencarian bakat yang menyajikan beberapa kontestan anak muda sengaja menampilkan tarian tradisional yang diiring musik gamelan yang telah dikombinasikan dengan keyboard dan drum. Semua yang menyaksikan dapat menikmati tayangan yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh acara tersebut. Pada zaman kapanpun, musik karawitan dapat selalu dilestarikan dengan penyesuaian atau dengan mengkombinasikan musik-musik yang sedang populer saat itu. Jadi, musik karawitan itu bukan musik ketinggalan zaman, kalau kita tidak mau melestarikan kekayaan budaya Indonesia bisa jadi kekayaan yang kita miliki akan dirampas oleh negara lain.
                                           


“ Jangan pernah ragu melakukan sesuatu yang benar, bahkan jika tak ada seorangpun yang menghargai bagaimana sulitnya itu.”
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar